10 Cara Cepat Mempercepat PC yang Lemot pada Windows 7, 8, atau 10

Concerned Businessman Working At His Desk
PC Windows sering melambat seiring berjalannya waktu. Apakah PC Anda berangsur-angsur menjadi lebih lambat atau tiba-tiba berhenti beberapa saat, mungkin ada beberapa faktor untuk kelambatan itu.

Seperti semua masalah PC lainnya, jangan takut komputer Anda melakukan reboot jika ada sesuatu yang tidak bekerja dengan benar. Hal ini dapat memperbaiki beberapa masalah dan lebih cepat daripada mencoba memecahkan masalah secara manual dan memperbaiki masalahnya sendiri.

Bersihkan PC Anda dengan Easy Way dengan CleanMyPC


Jika Anda ingin membersihkan PC Anda dengan cara yang mudah, CleanMyPC adalah software yang baik dan cara penggunaanya juga mudah, dan bahkan akan membuat komputer Anda bersih secara otomatis.

Berbeda dengan yang lainnya, CleanMyPC juga menyertakan tambahan seperti Clean Uninstaller, untuk menyingkirkan aplikasi dan membersihkan sampah yang mereka tinggalkan. hanyadengan satu klik tombol.


Temukan Program Resource-Hungry

PC anda tiba tiba berjalan lambat karena ada sesuatu yang menggunakan sumber daya tersebut. Jika tiba-tiba berjalan lebih lambat, proses bisa menggunakan 99% sumber daya CPU Anda, misalnya. Atau, aplikasi mungkin mengalami kebocoran memori dan menggunakan sejumlah besar memori, menyebabkan PC Anda beralih ke disk. Sebagai alternatif, aplikasi mungkin menggunakan disk banyak, menyebabkan aplikasi lain melambat saat mereka perlu memuat data atau menyimpannya ke disk.

Untuk mengetahui, buka Task Manager. Anda bisa klik kanan taskbar Anda dan pilih opsi "Task Manager" atau tekan Ctrl + Shift + Escape untuk membukanya. Pada Windows 8, 8.1, dan 10, Task Manager yang baru menyediakan antarmuka yang ditingkatkan sehingga aplikasi kode warna menggunakan banyak sumber daya. Klik "CPU," "Memory," dan "Disk" header untuk mengurutkan daftar oleh aplikasi menggunakan sumber daya yang paling banyak. Jika ada aplikasi yang menggunakan terlalu banyak sumber daya, Anda mungkin ingin menutupnya dengan normal - jika tidak bisa, pilih di sini dan klik "End Task" untuk memaksanya menutup.

Close System Tray Programs

Banyak aplikasi cenderung berjalan di system tray, atau area notifikasi. Aplikasi ini sering diluncurkan saat startup dan tetap berjalan di latar belakang namun tetap tersembunyi di balik ikon panah atas di sudut kanan bawah layar Anda. Klik ikon panah atas di dekat tray sistem, klik kanan aplikasi yang tidak Anda butuhkan untuk berjalan di latar belakang, dan tutup untuk mengurangi sumber daya.

Disable Startup Programs

Lebih baik lagi, mencegah aplikasi tersebut diluncurkan saat startup untuk menghemat memori dan siklus CPU, serta mempercepat proses masuk.

Pada Windows 8, 8.1, dan 10, sekarang ada  startup manager di Task Manager yang dapat Anda gunakan untuk mengelola program startup Anda. Klik kanan taskbar dan pilih "Task Manager" atau tekan Ctrl + Shift + Escape untuk meluncurkannya. Klik ke tab Startup dan nonaktifkan aplikasi startup yang tidak Anda butuhkan. Windows akan dengan mudah memberi tahu Anda aplikasi mana yang memperlambat proses startup Anda paling banyak.

Reduce Animations

Windows menggunakan beberapa animasi, dan animasi tersebut bisa membuat PC Anda terlihat sedikit lebih lambat. Misalnya, Windows dapat meminimalkan dan memaksimalkan windows seketika jika Anda menonaktifkan animasi yang terkait.

Untuk menonaktifkan animasi, tekan Windows Key + X atau klik kanan tombol Start dan pilih "System." Klik "Advanced System Settings" di sebelah kiri dan klik tombol "Settings" di bawah Performance. Pilih "Adjust for best performance" di bawah Visual Effects untuk menonaktifkan semua animasi, atau pilih "Custom" dan nonaktifkan animasi individual yang tidak ingin Anda lihat. Misalnya, hapus centang "Animate windows saat meminimalkan dan memaksimalkan" untuk menonaktifkan meminimalkan dan memaksimalkan animasi.


Lighten Your Web Browser

Ada kemungkinan Anda membuka browser web banyak, jadi browser web Anda mungkin agak lambat. Sebaiknya gunakan beberapa ekstensi browser, atau add-on, mungkin saja - yang memperlambat peramban web Anda dan menyebabkannya menggunakan lebih banyak memori.

Buka ke pengelola Ekstensi atau Pengaya pada browser web Anda dan hapus pengaya yang tidak Anda butuhkan. Anda juga harus mempertimbangkan untuk mengaktifkan plug-in klik untuk bermain. Mencegah Flash dan konten lainnya dari pemuatan akan mencegah konten Flash yang tidak penting dari penggunaan waktu CPU.


Scan for Malware and Adware

Ada juga kemungkinan komputer Anda lambat karena perangkat lunak berbahaya memperlambatnya dan berjalan di latar belakang. Ini mungkin bukan perangkat lunak jahat - ini mungkin perangkat lunak yang mengganggu penjelajahan web Anda untuk melacaknya dan menambahkan iklan tambahan, misalnya.

Agar lebih aman, pindai komputer Anda dengan program antivirus. Anda juga harus memindainya dengan Malwarebytes,  "program yang berpotensi tidak diinginkan" (PUP) yang sebagian besar program antivirus cenderung diabaikan. Program ini mencoba menyelinap ke komputer Anda saat Anda menginstal perangkat lunak lain, dan Anda hampir pasti tidak menginginkannya.


Free Up Disk Space

Jika hard drive Anda hampir penuh, komputer Anda mungkin akan terasa lebih lambat. Ikuti panduan untuk membebaskan ruang pada PC Windows Anda untuk membebaskan ruang. Anda tidak memerlukan software pihak ketiga - hanya menjalankan alat Disk Cleanup yang disertakan dalam Windows dapat membantu sedikit.

Defragment Your Hard Disk

Defragmenting hard disk Anda sebenarnya tidak perlu dilakukan pada versi Windows.  secara otomatis akan defragment hard drive  di latar belakang. Solid-state drive tidak benar-benar membutuhkan defragmentasi, meskipun versi Windows baru akan "mengoptimalkan" 

Anda tidak perlu khawatir tentang defragment mamakan  waktu yang lama. Namun, jika Anda memiliki hard drive  dan Anda baru saja memasukkan banyak file ke drive - misalnya menyalin database besar atau gigabyte file game PC - file tersebut mungkin akan di-defragment karena Windows belum selesai Untuk defragmenting mereka belum. Dalam situasi ini, Anda mungkin ingin membuka alat disk defragmenter dan melakukan pemindaian untuk melihat apakah Anda perlu menjalankan program defrag manual.


Uninstall Programs yang Tidak digunakan

Buka Control Panel, cari daftar program yang terinstal, dan uninstall program yang tidak Anda gunakan dan tidak perlu dari PC Anda. Hal ini dapat membantu mempercepat PC Anda, karena program tersebut mungkin mencakup proses latar belakang, entri autostart, layanan sistem, entri menu konteks, dan hal-hal lain yang dapat memperlambat PC Anda. Ini juga akan menghemat ruang pada hard drive Anda dan meningkatkan keamanan sistem misalnya, Anda pasti tidak menginstal Java jika Anda tidak menggunakannya.


Reset Your PC / Reinstall Windows

Jika cara ini tidak memperbaiki masalah Anda, solusi terakhir untuk memperbaiki masalah Windows - selain melakukan booting ulang PC Anda, tentu saja - dengan instalasi Windows yang baru.

Pada versi Windows terbaru - yaitu, Windows 8, 8.1, dan 10 - lebih mudah untuk mendapatkan instalasi Windows yang baru dari sebelumnya. Anda tidak perlu mendapatkan media instalasi Windows dan menginstal ulang Windows. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan fitur "Reset your PC" yang ada di dalam Windows untuk mendapatkan sistem Windows baru yang baru. Ini mirip dengan menginstal ulang Windows dan akan menghapus program dan pengaturan sistem yang Anda instal sambil menyimpan file Anda.


Semoga bermanfaat ^^


6 Responses to "10 Cara Cepat Mempercepat PC yang Lemot pada Windows 7, 8, atau 10"